Pepakura

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down

Pepakura

Post by hanaiyzm on Wed Mar 18, 2009 6:33 pm

Ada yang tau soal ini??? Aku sempat hobi bikin walo skarang udah jarang

Paper model, Papercraft, ato org Jepang biasa nyebut Pepakura itu seni membuat sebuah model dari kertas. Yah salah satu bentuk origami lah... Bedanya origami itu ngelipat2 kertas dan tanpa menggunakan lem, nah pepakura ini membuat model dengan menggunting, melipat, dan mengelem sampai membentuk sebuah model. Pepakura ini populer banget loh di Jepang...!!!

Model pepakura bisa macem2, dari arsitektur, kapal, pesawat, mobil, hewan, tokoh anime pun semua bisa dibikin pake pepakura. Pokoknya segala sesuatu yg berbentuk 3 dimensi bisa lah dibikin pepakura. Cara membuatnya pun macem2 dari yang gampang cuma lipet sana-sini lem sana sini udah jadi sampe yg sussaaahhh banget butuh waktu berbulan-bulan buat bikinnya.

Klo berminat udah banyak situs2 yg nyediain templatenya gratis tinggal donlot aja. Biasanya udah berwarna jadi kita tinggal modal printer deh ama kertas. Gunting n lem juga pastinya...

Ni contoh2 gambarnya....





Klo berminat bisa kesini:
Papercraft Museum
Papercraft-Modeling
Canon Papercraft
Yamaha Papercraft
Papercraft Search Engine

hanaiyzm
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 157
Age : 31
Lokasi : Jogjaaaaaaa.................
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-12

http://sukasukakusaja.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by sunako on Wed Mar 18, 2009 7:17 pm

Aku dikit2 ngerti se tentang paper craft itu.. Tdk kusangka ada yg punya linknya..

Hanaiyzm-oneesama sankyuu~

sunako
tanda tanda orang males~
tanda tanda orang males~

Jumlah posting : 1879
Age : 24
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-22

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by hanaiyzm on Wed Mar 18, 2009 7:45 pm

Klo mo link yg laen ada banyakkk bgt!!!
Favoritku ya search engine itu...

hanaiyzm
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 157
Age : 31
Lokasi : Jogjaaaaaaa.................
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-12

http://sukasukakusaja.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by tikushi on Wed Mar 18, 2009 8:17 pm

Aku tau papekura dari forum tetangga, tapi blom pernah nyoba sekalipun.

tikushi
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS

Jumlah posting : 3103
Age : 30
Lokasi : jember
Reputation : -1
Registration date : 2009-01-29

http://yangkupikirkan.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by hanaiyzm on Wed Mar 18, 2009 9:32 pm

Silahkan dicoba!!!! Ada yg keren bgt kayak gundam n bumblebee di atas tuh!!! ★☆オメデト☆★ヘ(^^ヘ)(ノ^^)ノ★☆オメデト☆★
Tp susaaahhh bgt!!!

hanaiyzm
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 157
Age : 31
Lokasi : Jogjaaaaaaa.................
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-12

http://sukasukakusaja.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by Ra on Wed Mar 18, 2009 10:15 pm

pepa kura yach

duch #!$!$!#%$#%$$^@#!

da brapa minggu q bikin sd gundam freedom ma sd gundam hazel gag jadi2

biz tuch karena sibuk ngurusin tugas kul jadi terbengkalai he he he

Ra
Kita Temenan Yuks
Kita Temenan Yuks

Jumlah posting : 92
Age : 30
Lokasi : Banyuwangi - Jember
Reputation : 0
Registration date : 2009-01-31

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by sunako on Wed Mar 18, 2009 11:41 pm

Unyuu~ jd pengen nyoba.. Kira2 klo aku yg lakuin bisa sukses ndak ya tu pepakura..

sunako
tanda tanda orang males~
tanda tanda orang males~

Jumlah posting : 1879
Age : 24
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-22

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by girls_lock on Fri Mar 20, 2009 8:02 am

wow..koq rasanya susah bangt ya ??
ngLiat ja dah kyk model kit taw kyk figure anime beneran""" :roll:

girls_lock
Sahabatan Yuks
Sahabatan Yuks

Jumlah posting : 515
Age : 27
Lokasi : jember
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-27

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by tikushi on Fri Mar 20, 2009 8:10 am

Itu mirip beneran karna jenis kertas ama pewarnaanya yg bagus, soale kalo pake kertas asal asalan pasti gak bakal bagus

tikushi
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS

Jumlah posting : 3103
Age : 30
Lokasi : jember
Reputation : -1
Registration date : 2009-01-29

http://yangkupikirkan.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by kyra.curapix on Fri Mar 20, 2009 10:00 pm

beli kertasnya bisa kiloan???


*kabur sebelum ditimpuk mbaknya,,heheh

kyra.curapix
Sahabatan Yuks
Sahabatan Yuks

Jumlah posting : 693
Age : 26
Lokasi : Yorkshin City
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-03

http://rezkyra.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by hanaiyzm on Fri Mar 20, 2009 10:09 pm

Betul betul...
Makanya ada macem2 dari yg gampang bgt sp yang susssyaaahhh bgt kayak model Bumblebee itu!!!

hanaiyzm
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 157
Age : 31
Lokasi : Jogjaaaaaaa.................
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-12

http://sukasukakusaja.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by tikushi on Fri Mar 20, 2009 10:53 pm

Yang bikin aku shock itu pas liat papekura bikinan yamaha motor jepang, gile detil banget

tikushi
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS

Jumlah posting : 3103
Age : 30
Lokasi : jember
Reputation : -1
Registration date : 2009-01-29

http://yangkupikirkan.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by danimadani on Sun Mar 22, 2009 7:12 am

waduh keren banget tuh paekura om/tante...
tapi aku gak yakin bisa bikin yang kayak begituan...
tapi tak coba deh dulu (gak tau kapan cobanya)
hehehe

danimadani
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 191
Age : 29
Lokasi : Cairo. Egypt
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-18

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by sunako on Sun Mar 22, 2009 8:39 am

Aku baru aja mbuka link yang Papercraft Museum... Liat2 ah... Apa ada yg menarik...?

sunako
tanda tanda orang males~
tanda tanda orang males~

Jumlah posting : 1879
Age : 24
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-22

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by hanaiyzm on Sun Mar 22, 2009 10:42 pm

He he he aku ingin menularkan hobi ini.....

hanaiyzm
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 157
Age : 31
Lokasi : Jogjaaaaaaa.................
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-12

http://sukasukakusaja.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by Ra on Mon Mar 23, 2009 11:04 pm

eh da yang tau lagi situs donlod pepakura q lagie ngoleksi nech pa lagi yang hubungannya ma mecha

Ra
Kita Temenan Yuks
Kita Temenan Yuks

Jumlah posting : 92
Age : 30
Lokasi : Banyuwangi - Jember
Reputation : 0
Registration date : 2009-01-31

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by hanaiyzm on Tue Mar 24, 2009 7:58 am

nih linknya.....


hanaiyzm
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 157
Age : 31
Lokasi : Jogjaaaaaaa.................
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-12

http://sukasukakusaja.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by hanaiyzm on Wed Mar 25, 2009 9:56 am

Ada lagi ni link yg laen..


hanaiyzm
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya
Oh... Jadi ini kamu sebenarnya

Jumlah posting : 157
Age : 31
Lokasi : Jogjaaaaaaa.................
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-12

http://sukasukakusaja.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by kurow on Sat Apr 18, 2009 7:17 am

Ra-san, tlng cariin craftx Jirachi y..kykx q bikin yg nyantai2 aj dl, gundamx some other time ae..

kurow
Kapan kita nongkrong lagi?
Kapan kita nongkrong lagi?

Jumlah posting : 1109
Lokasi : detroit osing city
Reputation : 0
Registration date : 2009-03-07

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by uditjckxsz on Tue Apr 21, 2009 9:25 pm

q da xoba bkn seed destiny.......hahaha terxta g sesulit kliahatannya..........bkn 2 mlam non stop cm badan sayap ma kpala doank........trus jd x blepotan lg....ahhhh sial
ntar ta buat pokemon aj deh...yg gampangan....hoho...
nunggu duit buat bli kertas x

uditjckxsz
Kita Temenan Yuks
Kita Temenan Yuks

Jumlah posting : 67
Age : 29
Lokasi : bwi, jember,
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-19

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by Ra on Fri Apr 24, 2009 1:28 am

beres boz ntar tak cariin lafi ke tkp nech...

da yang tau linkna para gundam 00 ????

berburu nech

Ra
Kita Temenan Yuks
Kita Temenan Yuks

Jumlah posting : 92
Age : 30
Lokasi : Banyuwangi - Jember
Reputation : 0
Registration date : 2009-01-31

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by tikushi on Fri May 08, 2009 1:30 pm

postingan dari forum sebelah

Sudah banyak yang upload model papercraftnya, tapi kok belum ada ya yang taruh
daftar2 alat2nya yaah.
Mulai deh :
1. Gunting
2. Cutter/Model Knife
3. Lem PVAC ( Rekomendasi: Fox atau Leeho)
4. Cotton Bud (untuk membersihkan sisa2 lem di model).
5. Tusuk Sate ( ya ini beneran looh, buat ambil lem dan dipakai untuk sudut2 yang sempit).
6. Air (sedikit aja,buat bersihin tangan yang kena lem)
7. Jarum Pentul (untuk membuat garis pada pola yang runcing, sehingga bagus jadinya).
8. Penggaris Besi (untuk pola2 yang garisnya panjang)
9. Healing Mat (ukuran A4 atau A3), kalau nggak beli juga nggak apa2, pakai alas kaca aja juga bisa.

Bahan kertas direkomendasikan untuk ukuran 120 Gr sampai 160 Gr, kurang atau lebih dari itu
sangat susah membuat model Papercraft yang baik dan benar. Bisa dengan kertas warna Buffalo, atau
bisa dengan kertas Concorde atau yang lebih murah beli Sketch Book A4 di toko2 buku, tapi cari yang
jangan ada bolong2nya yaah.

tikushi
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS

Jumlah posting : 3103
Age : 30
Lokasi : jember
Reputation : -1
Registration date : 2009-01-29

http://yangkupikirkan.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by uditjckxsz on Wed May 13, 2009 11:24 am

waaa ternya mas tikush tau jg.........
bleh niy ta cba alat2 x

uditjckxsz
Kita Temenan Yuks
Kita Temenan Yuks

Jumlah posting : 67
Age : 29
Lokasi : bwi, jember,
Reputation : 0
Registration date : 2009-02-19

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by tikushi on Tue May 19, 2009 1:23 pm

weh aku mengentengkan aku dik

tikushi
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS
NDAK ADA KERJAAN APA? POSTING TERUS

Jumlah posting : 3103
Age : 30
Lokasi : jember
Reputation : -1
Registration date : 2009-01-29

http://yangkupikirkan.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by kay on Wed May 20, 2009 5:27 am

wah enak nih buat ngisi waktu liburan d kampung... krn d desa, ga' ada warnet-ria.

kay
Sahabatan Yuks
Sahabatan Yuks

Jumlah posting : 630
Age : 29
Lokasi : Jember
Reputation : 1
Registration date : 2009-05-08

http://om-kay.com

Back to top Go down

Re: Pepakura

Post by Sponsored content Today at 8:47 pm


Sponsored content


Back to top Go down

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum